Mengenai Saya

Rabu, 20 November 2013

Sejarah Lampion


Lampion adalah salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari perayaan Imlek, Imlek tidak akan meriah tanpa adanya lentera yang bentuknya bundar dengan warna merah menyala yang digantung mengelilingi tempat perayaan Imlek tersebut. Warna merah menggambarkan perasaan suka cita. Sedangkan, lampion yang berwarna putih untuk mengungkapkan rasa bela sungkawa

Ada salah satu sumber menyebutkan bahwa lampion sudah ada sejak zaman Dinasti Xi Han (kira-kira 1800 tahun yang lalu). Lampion ada banyak jenis menurut pembuatannya, contohnya: dari kertas, kain, kulit binatang, dan dari bordiran-bordiran kain sutra. Namun, yang terbuat dari kertas baru dimulai sejak di Tiongkok ditemukannya teknik pembuatan kertas oleh Cailun, yaitu pada zaman Dinasti Han Timur (25-220 M). 

Sejak zaman Dinasti Han hingga Dinasti Tang, lampion telah disahkan sebagai simbol penyambutan Hari Raya Imlek. Saat Dinasti Mingzhu Yuanchang (1368-1644 M), ribuan lampion sengaja dibiarkan mengambang diatas air ketika memproklamirkan Ibukota Negara Nanjing.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar