Mengenai Saya

Senin, 28 Oktober 2013

Gunung Avatar di Zhangjiajie, China


     Gunung melayang yang ada di film yang berjudul "Avatar" ternyata ada di bumi. Datang saja ke Zhangjiajie, China dan lihat bagaimana kabut mengilusi pemandangan sehingga bukit-bukit di sana terlihat melayang. Taman Nasional Zhangjiajie di Kota Zhangjiajie - Hunan, China memang pantas disebut sebagai salah satu objek wisata terindah di Negeri Tirai Bambu. Bukit-bukit lancip yang dihias pepohonan hijau jadi sajian utama yang paling dicari para wisatawan.

   Terlebih saat kabut turun dan menyelimuti area hutan sehingga membuat beberapa bukit yang sangat menjulang berada di atas kabut. Pemandangan tersebut memberi sensasi bukit-bukit yang melayang, persis pada film "Avatar" yang diputar tahun 2010 lalu. Kembali sebentar ke tahun 1982 saat kawasan ini menjadi Taman Nasional pertama di China. Taman Nasional Zhangjiajie yang seluas 4,8 hektar ini masih masuk ke dalam kawasan Wulingyuan. Tahun 1992, kawasan Wulingyuan masuk dalam daftar Situs Peninggalan Sejarah UNESCO. Karena dianggap sebagai geopark, tahun 2004 Taman Nasional Zhangjiajie masuk dalam daftar global geopark di UNESCO.

    Keunikan yang luar biasa ini terbentuk dari hasil erosi beribu-ribu tahun lamanya. Mulai dari erosi air, udara hingga cuaca menerpa kawasan ini. Setelah puas ditempa, bebatuan di sini menunjukkan betapa keindahan alam bisa sebegini megahnya. Ada lebih dari 300 bukit yang menjulang di sini dan bukit yang tertinggi bisa mencapai 400 meter. Saking pemandangan di sini mirip dengan Planet Pandora yang ada di film "Avatar", salah satu bukit dinamakan sama dengan gunung yang ada di film. Pemerintah setempat menamakan salah satu bukitnya dengan nama Gunung Haleluyah, gunung melayang di Planet Pandora yang ada di film "Avatar".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar