Mengenai Saya

Senin, 11 Februari 2013

Tembok Raksasa China (长城, chángchéng)

Siapakah yang tahu berapa panjang Tembok Raksasa China ini?

   Pada tanggal 18 April 2009, setelah investigasi secara akurat oleh pemerintah Republik Rakyat Cina, diumumkan bahwa tembok raksasa yang dikonstruksikan pada periode Dinasti Ming panjangnya adalah 8.851 km.
   Menurut catatan sejarah, setelah tembok panjang dibangun oleh Kerajaan Dinasti Ming, barulah dikenal istilah "changcheng" (长城), artinya tembok besar atau tembok panjang). Sebelumnya istilah tersebut tidak ditemukan. Istilah Tembok Raksasa China dalam Bahasa Mandarin adalah "wanli changcheng", bermakna "tembok yang panjangnya 10 ribu li". Pada masa sekarang istilah ini resmi digunakan.
  
 Pada tahun 2009, Badan Survei dan Pemetaan dan Badan Administrasi Warisan Budaya Republik Rakyat China melakukan penelitian untuk menghitung ulang panjang Tembok Raksasa China. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tembok Raksasa China lebih panjang daripada rentang yang saat ini diketahui. 
   Menurut pengukuran, panjang keseluruhan tembok mencapai 8.850 km. Proyek tersebut juga telah menemukan bagian-bagian tembok lain yang panjangnya 359 km, parit sepanjang 2232 km, serta pembatas alami seperti perbukitan dan sungai sepanjang 2232 km. Rentang rata-rata Tembok Raksasa China adalah 5000 km, umumnya dikutip dari berbagai catatan sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar