Mengenai Saya

Rabu, 30 Januari 2013

Asal Usul Kembang Api (焰火 yan huo)

Apakah Anda tahu sejarah kembang api?


Kembang api bermula dari China. sekitar abad ke-9, seorang juru masak yang secara tidak sengaja mencampur tiga bahan bubuk hitam yang ada di dapurnya, yaitu garam peter, sulfur, dan arang dari kayu. Ternyata, campuran ketiga bahan tersebut merupakan bubuk mesiu yang mudah terbakar. Kembang api biasanya ditunjukan dalam acara Perayaan Tahun Baru Imlek dan Festival Bulan pada pertengahan musim gugur masih dilengkapi dengan kembang api. Dan, China adalah penghasil dan pengekspor kembang api terbesar di dunia.


Kembang api menghasilkan empat efek primer: suara, cahaya, asap, dan bahan terbang (contohnya Confetti). Kembang api dirancang agar dapat meletus sedemikian rupa dan menghasilkan cahaya yang berwarna-warni seperti merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu, perak dan lainnya. Pertunjukan kembang api umum di seluruh dunia dan merupakan titik pertemuan banyak pesta kultural dan religius. 

Di Indonesia, munculnya petasan itu bermula dari tradisi Betawi, yaitu pada saat pernikahan orang Betawi yang pada umumnya menggunakan petasan untuk memeriahkan suasana dan meniru orang Tionghoa yang memang banyak bermukim di sekitar mereka. Kembang api yang sudah masuk ke wilayah Indonesia kebanyakan dari negara Hong Kong, China, dan Taiwan. Ketiganya dikenal sebagai pengekspor kembang api dunia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar