Mengenai Saya

Minggu, 21 April 2013

Sejarah Aksara Mandarin (Hanzi)


Zaman dahulu, tulisan Tionghoa semua memakai huruf tradisional. Baik China dan Taiwan masih menggunakan huruf tradisional ini. Tahun 1949, China merdeka. Pemerintahnya merasa huruf tradisional terlalu susah bagi orang asing yang ingin mengenal Mandarin. Dan juga pelafalan (spelling) -nya masih menggunakan Zhuyin Fuhao (注音符号).

Sejak saat itu, pemerintah China memanggil seluruh guru terbaik Negara mereka untuk mengubah tulisan yang susah menjadi lebih gampang. Muncullah tulisan simplified ini. Jika tulisan tradisional ada 15 gores, maka tulisan simplified 'disulap' hanya ada 5 gores dan ini terlihat lebih praktis. 

Zaman dahulu, belum ada recorder yang sering dipakai wartawan zaman sekarang. Alhasil, wartawan masih menggunakan pena dan kertas untuk menulis wawancara seseorang. Bisa dibayangkan jika dalam 1 kalimat saja, puluhan huruf tradisional bisa ditulis dalam simplified, maka hidup menjadi lebih gampang.


Satu masalah selesai, sekarang soal pelafalan. Ejaan zhuyin (注音) dianggap menyusahkan orang asing. Bagi yang belum tahu gimana sih ejaan zhuyin, karakternya seperti Katakana Jepang. Karenanya diciptakanlah yang namanya kita kenal sekarang: Hanyu Pinyin, yang menggunakan abjad Latin ABCD s/d WXYZ. Jika menurut pinyin, nama Jay Chou itu salah dan yang benar adalah Jay Zhou. Tapi, kalau To Liong To itu adalah bahasa Hokkian. Sementara mandarinnya, Tu Long Dao. 


Tahun 1956, tulisan simplified dan ejaan pinyin diresmikan dalam kongres dan mulai dipakai. Singapore adalah negara luar China pertama yang memakai huruf ini sampai detik ini. Sementara Taiwan, yang menjadi 'induk' huruf tradisional memegang kekuasaan tunggal sejak China beralih ke simplified tahun 1956. Sampai sekarang ini, Taiwan masih menggunakan tradisional dan zhuyin. Orang Taiwan banyak yang tidak mengenal huruf simplified. Karena mereka memang merasa aneh. Karena huruf simplified disingkat sampai kehilangan arti dan sejarahnya. Huruf tradisional diciptakan oleh warga ribuan tahun lalu dengan mengambil unsur-unsur alam. Tradisional dan simplified mempunyai nada dan arti yang sama, hanya tulisan yang berbeda walau tidak banyak. Kebanyakan juga yang masih sama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar